5/09/2015

Solusi Alternatif Google Drive

Bisa dibayangkan seandainya laptop yang kita pakai mendadak rusak total dan tidak bisa perbaiki sama sekali, sementara itu kita tidak punya cadangan data-data penting yang tersimpan disana. Panik bukan? ya jelas paniklah. Mau cari dimana data tersebut? Tidak ada kata lain kecuali jadikan saja sebagai pengalaman berharga agar kita bisa antisipasi kejadian yang sama tidak terulang lagi kedepannya.

Itulah yang terjadi sama salah seorang teman, dimana beliau harus kehilangan data-data berhubungan dengan pekerjaan, arsip perkuliahan, rancangan proposal tesis yang akan diajukan, dan beberapa catatan hutang-piutang pribadi. Laptop tersebut mengalami rusak total pada harddisk disaat kami lagi mengerjakan tugas berasama. Entah apa penyebabnya, namun setelah dicek ternyata terjadi rusak total pada harddisk. Kemungkinan terbesar karena kesalahan pemakaian charger dan baterai selama ini yang tidak seharusnya. Tidak ada satupun data didalamnya yang bisa diselamatkan.

Selain kesalahan dalam pengunaan dan perawatan, dari kejadian itu bisa diambil pelajaran, bagaimanapun kita tetap harus punya data cadangan dari data-data penting, entah itu disimpan di usb, harddisk eksternal, atau media lain.

*****


Bagi pengguna produk google, penyimpan data online google drive ini tentu sudah tidak asing lagi. Saya termasuk salah satunya, walaupun saya sempat juga posting tentang keluhan salah satu layanan google. Biasalah, namanya doyan yang gratisan. He he..

Selama beberapa tahun ini saya telah menggunakan fasilitas tersebut untuk menyimpan beberapa file yang saya anggap perlu, yaitu google drive. Tujuan awalnya bukan sebagai backup, tapi lebih kepada kemudahan saja. Jadi kalau saya lupa bawa usb, atau ketika sedang berada di luaran namun tidak bawa laptop, saya masih bisa akses file yang saya butuhkan, asalkan ada koneksi internet, misalnya scan surat-surat pekerjaan, ijazah, sertifikat, dll. Tidak saja lewat PC, bahkan lewat hp pun cukup mudah dilakukan.

Penyimpan data ini mempunyai kapasitas sebesar 15 GB gratis, dan bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan. Cukup instal aplikasi google drive, kemudian kita bisa backup file-file penting tersebut di folder yang telah kita tentukan sebelumnya. Dengan begitu, semua yang ada dalam folder tersebut langsung akan tersinkronkan secara otomatis.

Kemudahan lain yang diberikan, kita tetap bisa akses data tersebut dalam keadaan offline, dan kita juga bisa berbagi file dengan orang lain. Satu lagi, di google drive juga bisa edit berbagai macam file, terutama yang berformat word, ataupun excel tanpa perlu download dulu file tersebut secara manual, serta berbagai macam fasilitas lainnya.

Cuma yang perlu sekali diperhatikan agar aplikasi ini tidak digunakan di komputer umum. Lebih baik lagi kalau setiap file yang disimpan pada layanan ini diberi pasword sebelumnya, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Gimana, 15 GB cukup bukan? Bagi yang berminat bisa langsung saja ke sini. Selamat menikmati.

Kirim Komentar Anda